INSTALL PHREEDOM PADA LINUX

9/27/2015

Nama          : Tania Maria O.S
NIM            : 1404505098
Mata Kuliah : Manajemen Jaringan dan Server (MJS)
Dosen          : I Putus Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan/Fakultas/Universitas: Teknologi Informasi/ Teknik/ Universitas Udayana

Phreedom


Aplikasi open source berbasis Cloud Computing yang dikhususkan untuk layanan akunting dan ERP (Enterprise Resource Planning) yang disebut Phreedom. Aplikasi mmenggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL yang dapat dijalankan dalam berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, Mac OS, BSD dan lain-lain. Phreedom memiliki engine yang sama dengan Phreebooks dengan sama-sama berlisensi GNU GPL. Phreedom dibuat oleh Phreesoft dan diletakkan juga pada server Phreebooks.

Aplikasi Phreedom menyediakan layanan dan fitur diantaranya adalah accounting berbasis web, manajemen inventory (labor, stok barang/jasa, assemblies/perakitan), akun untuk para vendor dan customer (pelanggan/konsumen), perbankan, pengiriman (shipping), Point of Sale (kasir), kurs mata uang, pelaporan secara digital, e-commerce, dukungan banyak bahasa, modular architecture untuk kustomisasi, payment gateway,project tracking, serta multi user level security.

Langkah - langkah menginstall Phreedom pada Linux:
  1. Memastikan XAMPP Linux dapat berjalan dengan baik sebagai mana mestinya sebagai web server dan database server. Untuk menjalankan XAMPP Linux gunakan akses root dengan mengetikan perintah su pada terminal dan ketikan perintah /opt/lampp/lampp start untuk menjalankan XAMPP Linux.

    Gambar XAMPP diaktifkan.
  2. Selanjutnya letakkan file arsip PhreedomR35RC3.zip pada direktori /home/[nama_user]/instaler.
  3. Setelah itu copy file arsip Phreedom pada direktori /home[nama_user]. Kemudian, paste arsip aplikasi PhreedomR35RC3.zip pada direktori File System XAMPP tepatnya pada direktori /opt/lampp/htdocs. Selanjutnya masuk kedalam direktori htdocs dengan perintah cd/optlampp/htdocs/. Dan lakukan proses ekstraksi. Tulislah source kode ini pada terminal  seperti gambar berikut ini.

    Gambar proses copy, paste dan ekstrak arsip Phreedom.
  4. Tunggu hingga proses ekstraksi selesai dilakukan. Setelah itu beri hak akses kepada arsip yang telah di ekstrak tadi.

    Gambar proses ekstraksi telah selesai dan telah diberi hak akses.
  5. Sebelum melakukan proses instalasi terlebih dahulu buatla database dengan nama phreedom. Untuk menambahkan sebuah database user hanya perlu login kedalam PHPMyAdmin dengan mengetikkan alamat http://localhost/phpmyadmin.

    Gambar database pada phpmyadmin.
  6. Langkah selanjutnya lakukan instalasi dengan buka web browser dan ketikkan alamat http://localhost/PhreedomR35RC3 kemudian web browser akan me-redirect pada halaman awal setup wizard. Pada halaman ini pengguna harus memilih Agree yang artinya menyetujui pernyataan lisensi. Jika sudah maka klik tombol Continue.

    Gambar menu awal instalasi.

  7. Langkah selanjutnya adalah mengisikan form sesuai dengan konfigurasi database, server, dan data-data administrator dan perusahaan yang benar. Jika sudah selanjutnya klik tombol Continue.

    Gambar pengisian data pada setup

  8. Apabila proses instalasi selesai, maka akan muncul pesan seperti gambar berikut ini. Kemudian klik tombol Go To Your Company untuk lanjut ke halaman utama aplikasi.


    Gambar setup telah selesai.
  9. Kemudian login dengan menggunakan username dan password yang telah dipilih sebelumnya dan klik tombol Login untuk melanjutkan.

    Gambar login.
  10. Jika proses Login berhasil, maka pengguna akan di-redirect menuju halaman utama Phreedom seperti gambar berikut ini.

    Gambar halaman utama Phreedom
  11. Sekarang anda memiliki Phreedom.
    -------
        Sumber: 
        Agus Eka Pratama, I Putu. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi
            Teknologi Pendukung Lainnya. Bandung: Informatika.
        Agus Eka Pratama, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik
             Berbasiskan Open Source. Bandung: Informatika.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images