USE CASE DIAGRAM, SEQUENCE DIAGRAM, CLASS DIAGRAM DAN ERD PADA E-COMMERCE

10/11/2015

Nama                                    : Tania Maria O. S
NIM                                      : 14045405098
Mata Kuliah                           : E-Application
Dosen                                    : I Putu Agus Eka Pratama S.T., M.T.
Jurusan/ Fakultas/ Universitas : Teknologi Informasi/ Teknik/ Universitas Udayana




USE CASE DIAGRAM

Use case diagram ialah model fungsional sebuah system yang menggunakan actor dan use case. Use case adalah layanan (services) atau fungsi-fungsi yang disediakan oleh system untuk penggunanya (Henderi et al, 2008). Use Case adalah suatu pola atau gambaran yang menunjukan prilaku atau kebiasaan system.

Use Case Diagram menggambarkan fungsionalitas yang diharapkan dari sebuah system. Yang tekankan adalah “apa” yang dubuat system, dan bukan “bagaimana” sebuah use case menerangkan sebuah interaksi antar actor dengan system. Use case merupakan sebuah pekerjaan tertentu, misal: login ke system, meng-create sebuah daftar belanja, dsb. Actor adalah sebuah entitas manusia atau mesin yang berinteraksi dengan system untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Use Case Diagram dapat sangat membantu bila kita sedang menyusun requitment sebuah system, mengkomunikasikan rancangan dengan klien, dan merancang test case untuk semua feature yang ada pada system. Sebuah use case yang meng-include dieksekusi secara normal. Sebuah use case dapat di-include oleh lebih dari satu use case lain, sehingga duplikasi fungsionalitas dapat dihindari dengan cara menarik keluar fungsional yang common.

Sebuah use case juga dapat meng-exted use case lain dengan behavior-nya sendiri. Sementara hubungan generalisasi antar use case mennjukkan bahwa use case yang satu merupakan spesialisasi dari yang lain.
Use Case Diagram Online Shopping


SEQUENCE DIAGRAM 

Sequence diagram (diagram urutan) adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan interaksi-interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu. Interaksi antar objek tersebut termasuk pengguna, display, dan sebagainya berupa pesan/message.

Sequence Diagram digunakan untuk menggambarkan skenario atau rangkaian langkah-langkah yang dilakukan sebagai sebuah respon dari suatu kejadian/even untuk menghasilkan output tertentu. Sequence Diagram diawali dari apa yang me-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa yang dihasilkan.



Sequence Diagram Penambahan Produk
Jika admin menambahkan jenis barang pada gudang, maka akan berkaitan dengan sequence ini. Dimulai dari kita menginput data dari barang tersebut. Kemudian data tersebut dikirimkan ke system.

Sequence Diagram Edit Produk
Jika admin mengedit jenis barang pada gudang, maka akan berkaitan dengan sequence ini. Sama seperti tambah produk hanya saja berbeda query. Kemudian data tersebut dikirimkan ke system.

Sequence Diagram Hapus Produk
Sequence ini akan berhubungan dengan mekanisme mendelete daftar barang dari gudang toko. Dimulai dari kita melihat barang yang tersedia, kemudian kita menjalankan fungsi delete barang.
Sequence Diagram Update Produk
Sequence ini berkaitan dengan pengupdate-an barang. Mulai dari stok barang, jumlah stok dan informasi lainnya. Sama seperti Penambahan dan Hapus produk.

Sequence Diagram Pembelian Produk

Sequence ini berkaitan dengan pembelian barang di toko yang kita miliki. Pembayaran barang dapat dilakukan melalui dua cara pembayaran yaitu Credit Card ataupun Transfer.


CLASS DIAGRAM
Class diagram adalah diagam yang digunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket-paket yang ada dalam sistem/perangkat lunak yang sedang kita gunakan.
Class diagram memberi kita gambaran (diagram statis) tentang sistem/perangkat lunak dan relas-relasi
.yang.ada.didalamnya.

Definisi Class DiagramClass adalah kumpulan objek-objek dengan dan yang mempunyai struktur umum, behavior umum, relasi umum, dan semantic/kata yang umum. Class-class ditentukan/ditemukan dengan cara memeriksa objek-objek dalam sequence diagram dan collaboration diagram. Sebuah class digambarkan seperti sebuah bujur sangkar dengan tiga bagian ruangan. Class sebaiknya diberi nama menggunakan kata benda sesuai dengan domain/bagian/kelompoknya.(Whitten.L..Jeffery.et.al,.2004).

Class Diagram adalah diagram yang menunjukan class-class yang ada dari sebuah sistem dan hubungannya secara logika. Class diagram menggambarkan struktur statis dari sebuah sistem. Karena itu class diagram merupakan tulang punggung atau kekuatan dasar dari hampir setiap metode berorientasi objek termasuk UML (Henderi, 2008). Sementara menurut (Whitten L. Jeffery et al 2004:432) class diagram adalah gambar grafis mengenai struktur objek statis dari suatu sistem, menunjukan class-class objek yang menyusun sebuah sistem dan juga hubungan antara.class.objek.tersebut.
Class Diagram Toko Online

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM
 ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.  
        
Menurut salah satu para ahli, Brady dan Loonam (2010), Entity Relationship diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan. ERD bersama-sama dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.

ERD Toko Online

Sumber:
Agus Eka Pratama, I Putu. 2015. E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce Berbasiskan Open
            Source. Informatika Bandung: Bandung.

You Might Also Like

2 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images