9/14/2015
Nama : Tania Maria O.S
NIM : 1404505098
Mata Kuliah : E-application
Dosen Pengajar: I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Definisi E-Commerce
Istilah E-Commerce
mulai muncul di tahun 1990-an melalui adanya inisiatif untuk mengubah paradigma
transaksi jual beli dan pembayaran dari cara konvensional ke dalam bentuk
digital elektronik berbasiskan komputer dan jaringan internet. Terdapat
beberapa buah definisi mengenai E-Commerce
seperti berikut ini :
- Kim dan Moon di tahun 1998 menyatakan bahwa E-Commerce adalah proses mengantarkan informasi, produk, layanan, dan proses pembayaran, melalui kabel telepon, koneksi internet, dan akses digital lainnya.
- Baourakis, Kourgiantakis, dan Migdalas di tahun 2002 menyatakan bahwa E-Commerce merupakan bentuk perdagangan barang dan informasi melalui jaringan internet
- Quayle di tahun 2002 juga tidak mau kalah untuk menambahkan definisi dari E-Commerce. E-Commerce didefinisikan sebagai berbagai bentuk pertukaran data elektronik atau Electronic Data Interchange (EDI) yang melibatkan penjual dan pembeli melalui perangkat mobile, E-Mail, perangkat terhubung mobile, di dalam jaringan internet dan intranet.
- Chaffey, di tahun 2007 menyempurnakan lagi definisi mengenai E-Commerce, dengan mempertimbangkan bahwa di tahun 2007 perkembangan teknologi komputer dan jaringan internet telah menambah perubahan pada E-Commerce, dengan munculnya beragam teknologi keamanan, teknologi pembayaran online, perangkat-perangkat mobile (smartphone, handphone, dan tablet), makin banyaknya organisasi dan pengguna yang terhubung ke internet, dan munculnya berbagai teknologi pengembangan aplikasi berbasis web. Sehingga kemudian dibuatlah perbaikan definisi dari E-Commerce. E-Commerce didefinisikan sebagai semua bentuk proses pertukaran informasi antara organisasi dan stakeholder berbasiskan media elektronik yang terhubung ke jaringan internet.
Definisi
E-Business
Istilah E-Business muncul setelah adanya fenomena mengenai E-Commerce di jagat internet, yang juga
dipengaruhi oleh kemajuan teknologi computer, baik dalam perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lunak (Software), serta kemajuan dari teknologi
internet itu sendiri. IBM merupakan perusahaan yang pertama kali mencetuskan
istilah tentang E-Business sebagai
sebuah hal yang bukan hanya mencakup hal-hal yang dilakukan di dalam E-Commerce. Berikut adalah beberapa
definisi dari berbagai sumber tentang E-Business
:
- Menurut pencetus E-Business yaitu IBM, E-Business merupakan bentuk transformasi (perubahan) dari Key Business Process (proses-proses kunci dari suatu bisnis) ke dalam pemanfaatan teknologi internet. Key Business Process meliputi segala proses kunci dari suatu bisnis berupa riset produk dan riset pasar, pengembangan produk dan jasa, penjualan atau pemasaran (Marketing), produksi (Manufacturing), dan lain-lain.
- Definisi lain menyatakan bahwa E-Business merupakan bentuk transformasi dari proses-proses di dalam suatu organisasi untuk mewujudkan Customer Value (bisnis pelayanan berbasiskan kepada kepuasan konsumen), dengan memanfaatkan teknologi-teknologi komputer, aplikasi komputer, filosofi komputer, paradigma komputer, yang menjadi bentuk dari ekonomi dunia baru.
- E-Business merupakan hal dimana E-Commerce termasuk di dalamnya terkait dengan proses eksternal yang dilakukannya, namun juga memuat proses-proses internal berupa pengembangan produk, inventori, manajemen resiko (Risk Management), manajemen sumber daya (Resource Management), dan lain-lain.
Definisi
Mobile Commerce
Mobile
Commerce (M-Commerce) merupakan pengembangan dari teknologi E-Commerce. Berikut adalah beberapa
definisi dari M-Commerce :
- Mobile Commerce Lab, sebuah lab riset yang mengkhususkan pengkajiannya tentang Mobile Commerce, memberikan definisi mengenai M-Commerce sebagai sebuah bentuk ekspansi dan pengembangan dari E-Commerce ke ranah mobile, yang mana memiliki proses bisnis, teknologi-teknologi terbaru, dan layanan (service) di dalamnya. Proses penjualan dan penawaran barang dan jasa dapat dilakukan secara mobile. Proses pembayaran transaksi online pun dapat dilakukan secara online melalui internet dan layanan bank, sehingga meminimalkan penggunaan uang secara tunai. Bahkan proses pemesanan, penentuan lokasi, dan sebagainya juga dapat dilakukan di dalamnya.
- Christian Morris menyatakan bahwa M-Commerce merupakan perkembangan dari E-Commerce yang memberikan kemudahan kepada konsumen melalui perangkat mobile yang dimilikinya dan jaringan wireless. Bahkan mengingat bahwa teknologi mobile dan M-Commerce terus berkembang dari waktu ke waktu, maka forum tahunan pun digelar secara global.
- Corry Janssen menyatakan bahwa M-Commerce merupakan bentuk transaksi elektronik berbasiskan jaringan wireless sebagaimana halnya E-Commerce, namun lebih mengkhusus kepada perangkat mobile (smartphone, handphone, dan tablet) maupun perangkat komputer jinjing (notebook atau netbook).
Sejarah dan Perkembangan Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang artinya menghitung.
Tujuan awal diciptakannya komputer adalah untuk membantu manusia dalam
menghitung yang bersifat sistematis.
Jauh sebelum terciptanya komputer, sudah
terdapat alat hitung manual yang berupa abascus
(sempoa) yang telah diciptakan beribu-ribu tahun lalu di China. Di abad ke
– 19 (Eropa dan Amerika Serikat) sebagai akibat dari Renaissance, dicipatakanlah mesin komputasi Blaise Pascal (kalkulator Numerik).
Di tahun 1812, Charles Babbage
(1791-1871) dan Agustus Ada (1815-1842) menciptakan mesin uap Babbage untuk
melakukan perhitungan rumit differensial. Ada menjadi programmer wanita pertama di dunia. Namanya diabadikan menjadi nama
salam satu bahasa pemrograman yaitu bahasa Ada. Penemuan lainnya antara lain
Herman Hollerit (1860-1929) pada tahun 1889 menciptakan kartu perforasi untuk
perhitungan, Vannevar Bush (1890-1974) pada tahun 1931 menciptakan kalkulator
differensial, serta duet V Atanasoff dan Cliffor Berry pada tahun 1903
menciptakan komputer elektronik untuk penerapan aljabar Boolean.
Perkembangan
Komputer
1. Komputer
Generasi Pertama (1941 - 1952)
Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan
komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton,
panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.
Komputer generasi pertama ini menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang
terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak
mempunyai kendala seperti: mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
2. Komputer
Generasi Kedua (1952/1956 - 1958)
Komputer Generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan
transistor sanggat mempenggaruhi perkembangan komputer pada saat itu.
Transistor dapatb menggantikan Tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya
megubah semua ukuran mesin-mesin elektrik. Transistor mulai digunakan pada
komputer sekitar tahun 1956-an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding dengan
komputer generasi pertama. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi
(high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
3. Komputer Generasi Ketiga (1950 - 1970)
Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang
sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga
muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi
membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu
kuarsa (Quartz rock). Jack Kilby,
seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC:
integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat
mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
4. Komputer Generasi Keempat (1970 - 1980)
Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan
jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC,
intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central
processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal
yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan
tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di
program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
5. Komputer
Generasi Kelima (1980 - saat ini)
Banyak
negara maju di dunia berlomba – lomba menciptakan komputer generasi kelima ini.
Beberapa hal yang menjadi ciri khas komputer generasi kelima antara lain.
- Implementasi kecerdasan buatan (Artificial Intellegent) serta kemampuan untuk melakukan analisa, penentu keputusan, sensor,menyajikan vitualisasi 2D ke 3D, dan lain-lain.
- Adanya pemrosesan suatu tugas secara paralel, yang melibatkan lebih dari satu komputer. Teknologi ini antara lain grid computing, cluster computing, cloud computing dan masih banyak lagi.
- Superkonduktor yang lebih andal dan unit pemrosesan yang jauh lebih banyak. Bukan hanya dalam ukuran yang makin besar, namun juga ke ukuran yang sangat kecil (nano computer).
Era
komputer generasi keenam merupakan ero komputer masa depan. Secara umum,
komputer generasi keenam memiliki ciri-ciri antara lain memiliki kecerdasan
menyerupai manusia (Artificial
Intellegent), lebih canggih, memiliki bentuk lebih beragam, serta dapat
melakukan proses prediksi masa depan dan sejumlah kecanggihan lainnya diatas
teknologi – teknologi saat ini.
Mobile
Computing
Mobile Computing
muncul sebagai akibat dari perkembangan teknologi komputer, perangkat keras dan
perangkat lunak di dalamnya. Menurut satu ahli bernama Uwe Ville dari Assosiation for Computing Machinary (ACM),
disebutkan bahwa Mobile Computing merupakan sebuah salah satu daru bentuk
komputasi dan komputerisasi tanpa kabel (wireless
/ menggunakan sinyal atau gelombang), sehingga pengguna dapat melakukan di
manapun dan kapanpun untuk bertukar data maupun berbagi informasi melalui
komputer yang berukuran relatif kecil. Mobile
Computing seridaknya memiliki ketiga unsur berikut:
1. Mobile Software,
yaitu sejumlah aplikasi dan system operasi khusus untuk mobile computing.
2. Mobile hardware,
yaitu sejumlah perangkat keras yang mendukukng adanya mobile computing. Perangkat keras ini dapat beurpa perangkat keras
penghubung maupun komponen – komponen komputer yang mendukung adanya mobile computing.
3. Mobile communication,
yaitu sejumlah protocol jaringan, format data, dan teknologi terkait dengan
pengopersian mobile computing.
Perkembangan
Jaringan Komputer
Sejarah jaringan
komputer dan internet di dunia diawal dari riset yang dilakukan oleh Departemen
Pertahanan Amerika Serikat (DOD / Departement
Of Defense). Proyek ini disebut APRA (Advance
Research Project Agency), sehingga jaringan komputer disebut dengan ARPANET.
Jaringan komputer yang terbentuk masih bersifat pribadi untuk kalangan tertentu
saja, yaitu untuk pihak militer dan beberapa kalangan akademisi dan
universitas.
ARPANET kemudian
dipecah menjadi MILNET (khusu untuk militer saja) dan ARPANET (untuk perguruan
tinggi). Kemudian, MILNET dan ARPANET digabung menjadi DERPANET (kemudian
disebut internet saja).
Over the Top
Over the top
didefinisikan sebagai teknologi informasi di bidang pendekatan dan pemodelan
untuk video dan audio streaming, messaging, dan jejaring social, memanfaatkan
koneksi internet dan provider dan berbasis mobile. Over the top berjalan di
Application Layer, layer teratas pada pemodelan layer TCP/IP maupun OSI.
Over the top service
yaitu semua berbentuk layanan (service) didunia digital (internet)melalui
aplikasi – aplikasi komputer berbasis teknologi OTT (Over The Top) yang
memanfaatkan koneksi internet dan infrastruktur internet, yang disediakan oleh
Telco World.
Beberapa
contoh yang dapat dilihat yaitu layanan streaming audio dan video secara
online, layanan jejaring social, layanan pesan instan (messaging), dan lain –
lain.
Tiga kategori Aplikasi / Layanan OTT:
1. Social
Network dan social media : Facebook, Twitter, Google+, Mindtalk, Youtube, dll.
2. Messaging
(Pesan Instan): Line, Whatsapp, Kakao, Telegram, WeChat, dll.
3. Streaming
Audio Video: Youtube.
0 komentar